Selasa, 07 Februari 2017

PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN



PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

 
Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya internet, memungkinkan pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam dunia pendidikan. Peran TIK dalam peningkatan mutu pendidikan semakin menjadi perhatian para pengambil kebijakan, apalagi setelah globalisasi bergulir ke seluruh penjuru dunia. TIK memiliki banyak manfaat dalam pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Adapun penggunaan TIK dalam pendidikan antara lain :
1.      TIK dapat mempersiapkan individu memasuki dunia kerja
a.       Mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja lebih baik, karena TIK (komputer, internet dan teknologi terkait) memiliki banyak keunggulan
b.      Melek teknologi bukan hanya keterampilan mendapatkan pekerjaan, tetapi benar-benar menjadi satu hal yang dipersyaratkan dalam ekonomi global yang baru
c.       Keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan di abad-21 mencakup:
1)      Melek digital, antara lain melek fungsional, visual, ilmiah, teknologi, informasi, budaya dan kesadaran global
2)      Berpikir penemuan (kreatif dan inovatif), yaitu mencakup kemampuan beradaptasi, rasa ingin tahu dan kreativitas dalam hal menemukan sesuatu yang baru (inovatif)
3)      Berpikir tingkat tinggi yaitu kreatif memecahkan masalah dan berpikir logis yang menghasilkan sesuatu yang berguna.
4)       komunikasi yang efektif yaitu mencakup kemampuan kerja kelompok, keterampilan interpersonal dan kolaboratif, tanggung jawab personal dan sosial, komunikatsi interaktif dan produktivitas tinggi.

2.      TIK dapat meningkatkan kulaitas pendidikan dengan cara antara lain:
a.       Meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa
Ø  Tik (video, tv danmultimedia) dapat menyediakan tantangan dan konten yang asli dan memperkaya siswa dalam proses belajar.
Radio interaktif juga memanfaatkan efek suara, lagu, dramatisasi, sandiwara komik dan konvensi kinerja lain memakasa para siswa untuk mendengarkan dan terlibat dalam pelajaran yang disampaikan.
Ø  Tik (komputer yang terkoneksi internet) dapat meningkatkan motivasi belajar
Karena ia mengkombinasikan kekuatandan interaktivitas media dan kesempatan berhubungan dengan orang secara nyata dan berpartisipasi dalam peristiwa dunia secara nyata


b.      Memfasilitasi pencapaian keterampilan dasar
Ø  Penyebaran keterampilan dan konsep-konsep dasar yang menjadi dasar keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kreativitas: drill dan practice
Ø  Belajar berbasis komputer (CIA) fokus pada penguasaan keterampilan dan konsep melalui pengulangan dan penguatan
c.       Meningkatkan pelatihan guru
Ø  TIK telah digunakan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelatihan guru.
Ø  Cyber teacher training centre (CTTC) di Korea Selatan menyediakan kesempatan kepada para guru dalam jabatan untuk mengembangkan profesionalitasnya lebih baik.
Ø  Tutorial online ditawarkan dengan sejumlah kursus yang mempersyaratkan pertemuan tatap muka
Ø  UT dalam upaya meningkatkan kulitas pembelajaran, saat ini telah menggunakan internet dan kombinasi fax dan teknologi internet untuk tutorial sebanyak lebih dari 700 mata kuliah untuk lebih dari 400.000 mahasiswa
d.      TIK juga sebagai alat transformasi
Ø  Jika didesain dan diimlementasikan dengan benar, pendidikan berbantuan tik dapat mendukung penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali siswa untuk belajar sepanjang hayat.
Ø  Ketika digunakan dengan tepat dapat mendukung pergantian lingkungan berpusat pada siswa
3.      Penggunaan TIK dalam pendidikan
a.       Haddad dan draxler mengidentifikasi minimal 5 level penggunaan teknologi dalam pendidikan antara lain: presentasi, demonstrasi, drill and practice, interksi dan kolaborasi
b.      Bentuk-bentuk penggunaan tik dalam pendidikan antara lain: siaran radio dan tv, teleconference, komputer dan internet, belejar tentang komputer, belajar dengan komputer belajar melalui komputer, belajar jarak jauh dan telekolaborasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar