PEMANFAATAN
TIK DALAM PEMBELAJARAN
Pesatnya perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya internet, memungkinkan
pengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam dunia pendidikan. Peran
TIK dalam peningkatan mutu pendidikan semakin menjadi perhatian para pengambil
kebijakan, apalagi setelah globalisasi bergulir ke seluruh penjuru dunia. TIK
memiliki banyak manfaat dalam pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Adapun penggunaan TIK dalam pendidikan
antara lain :
1. TIK
dapat mempersiapkan individu memasuki dunia kerja
a. Mempersiapkan
siswa memasuki dunia kerja lebih baik, karena TIK (komputer, internet dan
teknologi terkait) memiliki banyak keunggulan
b. Melek
teknologi bukan hanya keterampilan mendapatkan pekerjaan, tetapi benar-benar
menjadi satu hal yang dipersyaratkan dalam ekonomi global yang baru
c. Keterampilan-keterampilan
yang dibutuhkan di abad-21 mencakup:
1) Melek
digital, antara lain melek fungsional, visual, ilmiah, teknologi, informasi,
budaya dan kesadaran global
2) Berpikir
penemuan (kreatif dan inovatif), yaitu mencakup kemampuan beradaptasi, rasa
ingin tahu dan kreativitas dalam hal menemukan sesuatu yang baru (inovatif)
3) Berpikir
tingkat tinggi yaitu kreatif memecahkan masalah dan berpikir logis yang
menghasilkan sesuatu yang berguna.
4) komunikasi yang efektif yaitu mencakup
kemampuan kerja kelompok, keterampilan interpersonal dan kolaboratif, tanggung
jawab personal dan sosial, komunikatsi interaktif dan produktivitas tinggi.
2. TIK
dapat meningkatkan kulaitas pendidikan dengan cara antara lain:
a. Meningkatkan
motivasi dan keterlibatan siswa
Ø Tik
(video, tv danmultimedia) dapat menyediakan tantangan dan konten yang asli dan
memperkaya siswa dalam proses belajar.
Radio interaktif juga memanfaatkan
efek suara, lagu, dramatisasi, sandiwara komik dan konvensi kinerja lain
memakasa para siswa untuk mendengarkan dan terlibat dalam pelajaran yang
disampaikan.
Ø Tik
(komputer yang terkoneksi internet) dapat meningkatkan motivasi belajar
Karena ia mengkombinasikan
kekuatandan interaktivitas media dan kesempatan berhubungan dengan orang secara
nyata dan berpartisipasi dalam peristiwa dunia secara nyata
b. Memfasilitasi
pencapaian keterampilan dasar
Ø Penyebaran
keterampilan dan konsep-konsep dasar yang menjadi dasar keterampilan berpikir
tingkat tinggi dan kreativitas: drill dan
practice
Ø Belajar
berbasis komputer (CIA) fokus pada penguasaan keterampilan dan konsep melalui
pengulangan dan penguatan
c. Meningkatkan
pelatihan guru
Ø TIK
telah digunakan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelatihan guru.
Ø Cyber
teacher training centre (CTTC) di Korea Selatan menyediakan kesempatan kepada
para guru dalam jabatan untuk mengembangkan profesionalitasnya lebih baik.
Ø Tutorial
online ditawarkan dengan sejumlah kursus yang mempersyaratkan pertemuan tatap
muka
Ø UT
dalam upaya meningkatkan kulitas pembelajaran, saat ini telah menggunakan
internet dan kombinasi fax dan teknologi internet untuk tutorial sebanyak lebih
dari 700 mata kuliah untuk lebih dari 400.000 mahasiswa
d. TIK
juga sebagai alat transformasi
Ø Jika
didesain dan diimlementasikan dengan benar, pendidikan berbantuan tik dapat
mendukung penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali siswa
untuk belajar sepanjang hayat.
Ø Ketika
digunakan dengan tepat dapat mendukung pergantian lingkungan berpusat pada siswa
3. Penggunaan
TIK dalam pendidikan
a. Haddad
dan draxler mengidentifikasi minimal 5 level penggunaan teknologi dalam
pendidikan antara lain: presentasi, demonstrasi, drill and practice, interksi
dan kolaborasi
b. Bentuk-bentuk
penggunaan tik dalam pendidikan antara lain: siaran radio dan tv, teleconference, komputer dan internet,
belejar tentang komputer, belajar dengan komputer belajar melalui komputer,
belajar jarak jauh dan telekolaborasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar