Guna
Memenuhi Tugas Kelompok Mata Kuliah Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan
Dosen
Pengampu: Suryaratri, Ph.D
Disusun Oleh:
Aulia Humaimah S. (7516167242)
Desri
Yanti (7516167989)
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
Makalah Strength Of Character in School
atau dapat diartikan dengan Kekuatan Karakter Di Sekolah”
Penulis menyadari makalah ini masih
memiliki banyak kekurangan oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini
Akhir kata penulis ucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari
awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai segala usaha
kita. Amin
Jakarta, Januari 2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ............................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................ ii
BAB
I. PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah.........................................................
1
B.
Rumusan masalah...................................................................
2
C.
Tujuan
Penulisan.....................................................................
2
BAB
II. PEMBAHASAN
A.
Hakikat Kekuatan Karakter....................................................
3
B.
Klasifikasi Kekuatan Karakter...............................................
6
C.
Hasil Penelitian Tentang Kekuatan
Karakter.........................
10
D.
Mengukur Kekuatan Karakter................................................
12
E.
Implikasi Kekuatan Karakter..................................................
19
BAB III. PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................. 22
B.
Saran
...................................................................................... 22
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 24
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Indonesia
memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai
pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut,
pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan UU No 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan
bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Berdasarkan
fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan di setiap
jenjang, termasuk di sekolah harus diselenggarakan secara sistematis guna mencapai
tujuan tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta
didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan
berinteraksi dengan masyarakat. Berdasarkan penelitian di Harvard University
Amerika Serikat (Ali Ibrahim Akbar, 2000), ternyata kesuksesan seseorang tidak
ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja,
tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).
Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20 persen
oleh hard skill dan sisanya 80 persen oleh soft skill. Bahkan orang-orang
tersukses di dunia bisa berhasil dikarenakan lebih banyak didukung kemampuan
soft skill daripada hard skill. Hal ini mengisyaratkan bahwa mutu pendidikan
karakter peserta didik sangat penting untuk ditingkatkan. Melihat masyarakat
Indonesia sendiri juga lemah sekali dalam penguasaan soft skill. Untuk itu
penulis menulis makalah ini, agar pembaca tahu betapa pentingnya pendidikan
karakter bagi semua orang, khususnya bangsa Indonesia sendiri.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan makalah dalam
makalah ini antara lain:
1.
Apa yang dimaksud dengan hakikat
kekuatan karakter ?
2.
Bagaimana klasifikasi kekuatan karakter
?
3.
Bagaimana hasil penelitian tentang
kekuatan karakter ?
4.
Bagaimana mengukur kekuatan karakter ?
5.
Bagaimana implikasi kekuatan karakter ?
C. Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam
makalah ini antara lain:
1.
Mengetahui hakikat kekuatan karakter.
2.
Mengetahui klasifikasi kekuatan karakter.
3.
Mengetahui hasil penelitian tentang
kekuatan karakter.
4.
Mengetahui cara mengukur kekuatan
karakter.
5.
Mengetahui implikasi kekuatan karakter.
BAB
II
KAJIAN
TEORETIK
- Hakikat kekuatan karakter di sekolah
Peterson dan Seligman memperkenalkan kekuatan
karakter sebagai salah satu bidang kajian dalam psikologi positif. Kekuatan
karakter adalah sifat positif yang terdiri dari karakter yang baik. Karakter
yang baik adalah kualitas dari individu yang membuat individu terus dipandang
baik secara moral. Karakter positif tersebut dapat dilihat dari perasaan,
pemikiran, dan perilaku individu.
Karakter yang baik penting dalam kehidupan
sehari-hari bagi individu dan keluarga, baik di tempat kerja, di sekolah, dan
di masyarakat yang lebih besar. Selama berabad-abad, membangun dan memperkuat
karakter yang baik di antara anak-anak dan remaja menjadi tujuan universal untuk
pengasuhan dan pendidikan. Karakter yang baik adalah apa yang orang tua inginkan
pada anak-anak mereka, apa yang guru inginkan pada siswa mereka, apa yang
saudara inginkan dalam saudara-saudara mereka, dan apa yang teman-teman inginkan
satu sama lain. Karakter sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan
kehidupan manusia (Colby, James, & Hart, 1998). Meskipun pentingnya
karakter yang baik, psikologi sebagian besar diabaikan akan tetapi di abad
ke-20 topik ini banyak dibahas. Namun, karakter tidak pernah pergi. Ini telah ada
dalam wacana publik setidaknya dari zaman Aristoteles di Barat (Aristoteles,
2000), dan Konfusius di Timur, dan itu tetap menjadi perhatian utama masyarakat
hari ini (Hunter, 2000).
Karakter mengacu pada aspek-aspek kepribadian yang
secara moral dihargai. Karakter yang baik merupakan inti dari pengembangan
remaja secara positif. Baumrind (1998) mengatakan bahwa "dibutuhkan budi
pekerti untuk menjadi karakter yang lebih baik, dan kompetensi untuk
melakukannya dengan baik baik" (hal. 13). Kebanyakan sekolah dan program remaja
saat ini berfokus pada membantu remaja dalam memperoleh keterampilan dan
kemampuan membaca, menulis, melakukan matematika, dan berpikir kritis yang
membantu mereka untuk mencapai tujuan hidup mereka. Namun, tanpa karakter yang
baik, individu mungkin tidak memiliki keinginan untuk melakukan hal yang benar.
Karakter yang baik bukan hanya tidak adanya defisit, masalah, dan patologi melainkan
sekelompok yang berkembang dengan baik dari sifat-sifat positif. Membangun karakter
tidak hanya mengurangi kemungkinan negatif (Botvin, Baker, Dusenbury, Botvin,
& Diaz, 1995), tetapi mereka sendiri dapat sebagai indikator dalam
membangun dan mengembangkan secara sehat (Colby & Damon , 1992; Damon,
1988; Kornberg & Caplan, 1980; Park, 2004a; Weissberg & Greenberg,
1997). Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa kekuatan karakter tertentu misalnya,
harapan, kebaikan, kecerdasan sosial, kontrol diri, dan perspektif bisa menyangga
proyek negatif dari stress dan trauma, mencegah atau mengurangi gangguan mereka.
Selain itu, kekuatan karakter membantu remaja untuk berkembang. Karakter yang
baik terkait dengan hasil yang diinginkan seperti keberhasilan sekolah,
kepemimpinan, menilai keanekaragaman, kemampuan untuk menunda kepuasan,
kebaikan, dan altruisme (Scales, Benson, Leff ert, & Blyth, 2000). Selain
itu, hal ini terkait dengan berkurangnya masalah seperti penggunaan narkoba,
penyalahgunaan alkohol, merokok, kekerasan, depresi, dan bunuh diri (Benson,
Leff ert, Scales, & Blyth, 1998; Hawkins, Catalano, & Miller, 1992;
Hudley & Graham 1993, 1995; Lochman, Coie, Underwood, & Terry, 1993;
Meyer, Farrell, Northup, Kung, & Plybon, 2000; O'Donnell, Hawkins, Catalano,
Abbott, & Day, 1995; Pepler, Raja, Craig, Byrd, & Bream, 1995).
Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah rubrik
"pendidikan karakter," karakter, kebajikan, dan isu-isu moralitas
dari remaja telah mendapat perhatian dari para pendidik, orang tua, pembuat
kebijakan, dan masyarakat umum (Berkowitz & Bier, 2004). Kebanyakan program
pendidikan karakter mencoba untuk mengajar siswa nilai moral tradisional
seperti hormat, kasih sayang, tanggung jawab, pengendalian diri, dan kejujuran.
Selama bertahun-tahun, telah ada sejumlah gerakan pendidikan karakter dimulai
secara nasional, termasuk Pendidikan Karakter Kemitraan, Pendidikan Karakter
Jaringan, Aspen Deklarasi Pendidikan Karakter, dan kampanye Hitungan Karakter
banyak dipublikasikan. Meskipun upaya nasional saat ini mempunyai peran penting
untuk meningkatkan karakter dan
kebajikan di kalangan anak muda melalui program tersebut, kekhawatiran telah
menyuarakan tentang efektivitas program dan kurangnya pemikiran untuk memilih
kebajikan dan mendorong nilai-nilai (Peterson & Seligman, 2004).
Selanjutnya, sebagian besar program pendidikan
karakter fokus pada aturan (apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan) dan
bukan pada siswa yang didesak untuk mengikuti aturan ini. Dibutuhkan kerangka
teoretis yang mendasari pengembangan suatu karakter yang disesuaikan dengan
teori perkembangan dan penelitian untuk memandu desain, pelaksanaan, dan
evaluasi program (Kohn, 1997). Tidak ada yang berpendapat terhadap pentingnya
meningkatkan kepedulian, jujur, adil, berani, dan remaja yang bijaksana, tetapi
ada sedikit kesepakatan tentang komponen utama karakter atau kebajikan, dan
bagaimana ini harus dikonseptualisasikan sebagai konstruksi psikologis.
Dalam psikologi, kerangka teori dominan untuk
memahami perkembangan moral menjadi pendekatan yang dipelopori oleh Piaget
(1965) dan diuraikan oleh Kohlberg (1963) dan Gilligan (1982). Pendekatan ini
menganggap perkembangan moral sebagai studi kasus khusus dari perkembangan
kognitif dan mengasumsikan bahwa anak-anak dan remaja melewati tahap penetapan
oleh bagaimana mereka berpikir tentang dilema moral konkret dan egosentri
dibandingkan abstrak dan tanpa pamrih. Sebagai tradisi, itu telah mengilhami langkah-langkah
penalaran moral yang bertentangan dengan perilaku moral dan emosi moral.
Meskipun literatur penelitian yang berkembang telah menyumbang banyak untuk
pemahaman kita tentang sifat-sifat positif seperti altruisme, terima kasih,
pengampunan, optimisme, kecerdasan sosial, kontrol diri, dan kebijaksanaan,
sebagian besar penelitian ini telah difokuskan pada satu aspek karakter,
meninggalkan pertanyaan yang belum terjawab tentang struktur yang mendasari
karakter dalam individu (Peterson & Seligman, 2004). Beberapa individu
mungkin bijaksana dan memiliki integritas tetapi tidak berani, atau sebaliknya.
Dengan demikian, ada kebutuhan untuk pendekatan sistematis untuk karakter dalam
hal multidimensi.
Dalam beberapa tahun terakhir, bidang baru psikologi
positif telah memfokuskan kembali perhatian ilmiah tentang karakter,
mengidentifikasi sebagai salah satu pilar dari lapangan dan pusat untuk
memahami kehidupan psikologis yang baik (Seligman & Csikszentmihalyi,
2000). Di antara pilar psikologi positif, karakter dapat menempati peran yang
paling utama. Pilar lain dari psikologi positif adalah pengalaman positif dan
lembaga positif. Pengalaman positif seperti olahraga dan karakter yang baik, lembaga
yang positif seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat memudahkan individu
untuk memiliki dan menampilkan karakter yang baik, tetapi lembaga ini akan
positif ketika terdiri dari orang-orang dengan karakter yang baik. Psikologi positif
secara khusus menekankan membangun kehidupan baik dan memenuhi dengan
mengidentifikasi kekuatan karakter individu dan membina mereka (Park &
Peterson, 2008; Peterson, 2006; Peterson & Park, 2003). Diperlukan
langkah pertama dalam proses ini yaitu memahami perkembangan kekuatan karakter secara
konseptual tentang kekuatan karakter, mengidentifikasi komponen inti mereka,
dan mengembangkan tindakan ilmiah yang handal dan valid dari kekuatan karakter
yang sesuai untuk perbedaan kelompok budaya dan perkembangan.
- Klasifikasi Virtue dan Kekuatan Karakater
Peterson dan Seligman megemukakan bahwa terdapat
enam virtue (kebajikan) yang dibangun
oleh 24 karakter, yaitu:
1. Wisdom and Knowledge
(Kebijaksanaan dan Pengetahuan)
Terdapat lima
kekuatan karakter yaitu:
a) Kreativitas
Merupakan berpikir dengan cara yang
berbeda dan produktif dalam memberi konsep dan melakukan segala sesuatu.
b) Curiosty
(Keingintahuan)
Curiosty
juga dipahami sebagai rasa ingin tahu, ketertarikan, keterbukaan dalam mencari
hal-hal baru, serta keinginan seseorang terhadap pengalaman dan pengetahuan.
c) Open Mindedness
(Keterbukaan Pikiran)
Open
Mindedness adalah memikirkan suatu hal secara
menyeluruh dan melihat dari berbagai sisi
d) Love Of Learning (Kecintaan
Belajar)
Merupakan kekuatan karakter yang
dimiliki individu dengan menyukai kegiatan yang berkaitan dengan pencarian
pengetahuan baru, keterampilan umum dan senang mengembangkan ketertarikannya
pada banyak hal.
e) Perspective (Perspektif)
Kekuatan Perspektif adalah
kemampuan individu untuk mengambil pelajaran dalam hidup yang dapat dijadikan
bekal untuk memahami dirinya dan orang lain.
2. Courage (Keteguhan
Hati)
Virtue
Courage merupakan virtue kedua yang dipahami sebagai
kemampuan emosi untuk mencapai tujuan, walaupun menghadapi tuntutan eksternal
dan internal. Terdapat empat karakter antara lain:
a) Bravery
(Keberanian)
Keberanian sebagai usaha memperolah
ataupun mempertahankan hal yang dianggap baik bagi diri sendiri dan orang lain.
b) Persistence
(Ketekunan)
Merupakan tindakan berlanjut yang
dilakukan untuk mencapai suatu tujuan meskipun ada hambatan, kesulitan atau
keputusan.
c) Integrity
(Integritas)
Integritas merupakan keutuhan,
kekukuhan, utuh, lengkap, dan keseluruhan. Individu dengan kekuatan ini
menampilkan perilaku yang konsisten dengan nilai-nilai serta prinsip yang
dianut oleh individu.
d) Vitality
(vitalitas)
Vitality
merupakan fenomena dinamis yang berkaitan dengan fungsi aspek mental dan fisik.
Semakin dominan vitality maka orang akan merasa hidup bergairah, antusias dan
semangat. Vitality mengarah secara langsung pada antusiasme pada aktivitas yang
mereka pilih.
3. Humanity
(Prikemanusiaan)
Humanity
merupakan virtue ketiga yang dipahami sebagai sifat posistif yang berwujud
kemampuan menjaga hubungan interpersonal. Humanity adalah kemampuan untuk
mencintai, berbuat kebaikan sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan.
terdapat tiga karakter antara lain:
a) Love
(Cinta)
Merupakan
kemampuan untuk menerima, memberikan cinta, kepedulian pada diri sendiri dan
orang lain dengan menerima kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.
b) Kindness
(Kebaikan)
Merupakan
tindakan sukarela dalam memberikan pertolongan, kepedulian kepada orang lain.
c) Social Intellegence
(Kecerdasan Sosial)
Merupakan kemampuan untuk mengenal
dan mempengaruhi diri sendiri dan orang lain, sehingga dapat beradaptasi di
lingkungan dengan baik.
4. Justice
(Keadilan)
Justice
merupakan virtue keempat yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk
memperhatikan hak dan kewajiban untuk memperhatikan hak dan kewajiban individu
dalam kehidupan komunitas. Terdapat tiga kekuatan karakter antara lain:
a) Citizenship
(Keanggotaan Kelompok)
Merupakan
kemampuan untuk mengorbankan kepentingan diri sendiri demi mengutamakan
kesejahteraan kelompok.
b) Fairness
(Keadilan dan Persamaan)
Kekuatan
Karakter ini berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan.. kekuatan ini
memperlakukan orang lain secara sama tanpa membeda-bedakan serta tidak bias
terhadap perasaannya dalam memandang orang lain, individu akan memberikan
kesempatan yang sama terhadap orang lain, individu akan memberikan kesempatan
yang sama terhadap orang lain sekalipun terhadap yang tidak ia sukai.
c) Leadership
(Kepemimpinan)
Kepemimpinan
mengacu pada kemampuan memperlakukan, mempengaruhi, mengarahkan dan memotivasi
orang lain atau kelompok untuk mencapai kesuksesan.
5. Temperance
(Kesederhanaan)
Virtue
kelima yang dikemukakan ini berkaitan dengan kemampuan untuk menahan diri dan
tidak melakukan sesuatu yang dianggap berlebihan. terdapat empat kekuatan
karkater yaitu:
a) Forgiveness and Mercy
(Memaafkan)
Forgiveness
mengandung arti adanya perubahan motivasi, yakni seseorang menjadi murah hati
kepada si pembuat kesalahan. Dengan kata lain pengampunan melibatkan perubahan
psikologi positif dalam individu terhadap orang yang melanggar atau pembuat
kesalahan.
b) Humality and Modesty
(Kerendahan hati)
Walaupun istilah
modesty dan humality sering disamakan, namun mereka memiliki perbedaan. Humality lebih bersifat internal, yaitu
mengarah kepada perasaan bahwa dia bukan pusat perhatian. sedangkan modesty lebih bersifat eksternal yang
berarrti bukan hanya gaya dalam berprilaku tetapi juga hanya memiliki satu
gaun, satu mobil dan satu rumah.
c) Prudence
(Kebijaksanaan)
Prudence
merupakan
kekuatan karakter yang berorientasi pada masa depan seseorang. Hal ini tampak
dalam bentuk kemampuan penalaran praktis dan pengelolaan diri, sehingga
individu dapat mencapai tujuan jangka panjang secara efektif dengan
mempertimbangkan konsekuensi dari tindakannya.
d) Self Regulation
(Pengendalian diri)
Self
Regulation adalah kemampuan untuk mengatur perasaan dan
perilaku diri kita sendiri menjadi disiplin serta mampu dalam mengontrol
keinginan dan emosi. Respon ini meliputi pikiran, emosi, rangsangan, perfomansi
dan perilaku lainnya
6. Transcendence (Transedensi)
Transcendence
merupakan kekuatan karakter terakhir yang dikemukakan oleh Peterson dan
Seligman, kekuatan karakter ini berkaitan dengan kemampuan menjalin hubungan
dengan kekuatan semesta yang lebih besar serta dalam memaknai kehidupan
individu tersebut. terdapat lima kekuatan karakter yang menggambarkan transedensi antara lain:
a) Appreciation of beauty (Apresiasi
terhadap keindahan)
Merupakan kemampuan untuk
menemukan, mengenali serta mengambil kesenangan dari lingkungan fisik dan dunia
sosial. Individu yang secara kuat memliki karakter ini sering merasa kagum pada
hal-hal yang berkaitan dengan emosi.
b) Gratitude
(Bersyukur)
Merupakan sebuah penghargaan
terhadap kemurahan hati orang lain. kekuatan ini berupa ketakjuban, rasa terima
kasih dan apresiasi terhadap kehidupan itu sendiri.
c) Hope
(Harapan)
Merupakan kondisi kognitif,
emosional dan motivasi meuju masa depan. Berpikir tentang masa depan,
mengharapkan sesuatu terjadi sesuai dengan yang diinginkannya.
d) Humor
(humor)
Humor mungkin lebih mudah untuk
dikenali daripada didefinisikan tapi diantaranya maknanya saat ini adalah: (1)
kesenangan dan/atau menciptakan keaneha (2) dipandang sebagai orang yang ceria
dan mampu melihat kebaikan saat mengalami kesulitan dengan mempertahankan
suasana hati yang baik, (3) mampu membuat orang lain tersenyum atau tertawa.
e) Spiritual
(Spiritualitas)
spiritualitas dan religius mengacu
pada keyakinan dan praktek bahwa terdapat dimensi transenden (nonfisik) didalam
kehidupan. keyakinan ini bersifat mendorong dan stabil serta menentukan makna
hidup dan cara manusia menjalin hubungan sosial.
- Hasil Penelitian Kekuatan Karakter (Nilai-nilai dalam Tindakan Proyek)
Nilai-nilai dalam Klasifikasi
Kekuatan
Selama beberapa tahun, dipandu oleh perspektif
psikologi positif (Seligman & Csikszentmihalyi, 2000), kami telah terlibat
dalam proyek yang membahas tentang pentingnya kekuatan karakter dan bagaimana
mengukur hal itu. (Park & Peterson, 2006a, 2006b, 2006c; Peterson &
Seligman, 2004). Proyek kami Nilai-nilai dalam Aksi (VIA) klasifikasi kekuatan
berfokus pada apa yang benar tentang orang-orang dan secara khusus tentang
kekuatan karakter yang berkontribusi terhadap pembangunan manusia yang optimal.
Proyek ini pertama kali diidentifikasi komponen karakter yang baik dan kemudian
menemukan cara untuk menilai komponen ini sebagai perbedaan individu. VIA
mengidentifikasi 24 kekuatan karakter yang mengakui dan mengatur mereka di
bawah enam kebajikan yang luas (lihat Tabel 6.1). Kami berpendapat bahwa setiap
kekuatan dihargai secara moral dalam dirinya sendiri (Peterson & Seligman,
2004). Kontribusi paling umum dari proyek VIA adalah untuk menyediakan kosakata
untuk diskusi informasi psikologis tentang kualitas pribadi dari individu yang
membuat mereka layak mendapatkan pujian moral. Dalam pekerjaan kami, kebajikan
adalah karakteristik inti yang dihargai oleh filsuf moral dan pemikir agama:
kebijaksanaan, keberanian, kemanusiaan, keadilan, kesederhanaan, dan
transendensi. enam kategori ini muncul secara konsisten dari sejarah survei
(Dahlsgaard, Peterson, & Seligman, 2005). Karakter adalah seluruh rangkaian
sifat-sifat positif yang muncul antar budaya.
Tabel 6.1 VIA
klasifikasi kekuatan
1. Kebijaksanaan
dan kekuatan, kekuatan kognitif yang mengakuisisi dengan menggunakan pengetahuan.
a. kreativitas:
berpikir novel dan produktif dalam melakukan suatu hal
b. rasa
ingin tahu: mengambil minat dalam semua pengalaman yang sedang berlangsung
c. keterbukaan
pikiran: pemikiran suatu hal dengan cara memeriksa mereka dari semua sisi
d. cinta
belajar: menguasai keterampilan baru, topik, dan pengetahuan
e. perspektif:
mampu memberikan nasihat yang bijaksana untuk orang lain
2. Keteguhan
hati, kekuatan emosional yang melibatkan pelaksanaan kehendak untuk mencapai tujuan
dalam menghadapi oposisi, baik eksternal maupun internal.
a. kejujuran
/ keaslian: berbicara kebenaran dan menyajikan diri dengan cara yang tulus
b. keberanian:
tidak menyusut dari ancaman, tantangan, kesulitan, atau sakit.
c. ketekunan:
menyelesaikan apa yang dimulai
d. semangat
hidup : mendekati hidup dengan kegembiraan dan energi
3. kekuatan
interpersonal manusia yang memerlukan "merawat dan berteman" dengan
orang lain.
a. kebaikan:
melakukan bantuan dan perbuatan baik untuk orang lain
b. cinta:
menghargai hubungan dekat dengan orang lain
c. kecerdasan
sosial: menyadari motif dan perasaan diri pada orang lain
4. Keadilan,
kekuatan yang mendasari kehidupan masyarakat sehat
a. keadilan:
memperlakukan semua orang sama sesuai dengan gagasan keadilan
b. Kepemimpinan:
mengorganisir kegiatan kelompok dan melihat yang terjadi pada mereka
c. kerja
tim: bekerja dengan baik sebagai anggota kelompok/ grup
5. Kesederhanan-kekuatan
yang melindungi terhadap kelebihan.
a. Memaafkan:
mengampuni mereka yang telah berbuat salah
b. kerendahan
hati: membiarkan prestasi seseorang berbicara sendiri
c. kebijaksanaan:
berhati-hati tentang pilihan seseorang; tidak mengatakan atau melakukan hal-hal
yang mungkin nanti akan menyesal
d. Pengendalian
Diri: Mengatur dan melakukan apa yang dirasa
6. Transedensi,
Melampaui kekuatan yang membangun koneksi ke alam semesta yang lebih besar dan
memberikan makna.
a. apresiasi
keindahan: memperhatikan dan menghargai keindahan, keunggulan, dan / atau
kinerja terampil dalam semua domain kehidupan
b. syukur:
menyadari dan bersyukur untuk hal-hal baik yang terjadi
c. harapan:
mengharapkan yang terbaik dan bekerja untuk mencapainya
d. humor:
menyukai tertawa dan bercanda; membawa senyum ke orang lain
e. spiritualitas
/ religiusitas: memiliki keyakinan yang koheren tentang tujuan yang lebih
tinggi dan arti hidup.
Sejarah penting bagi kehidupan yang baik. kekuatan
karakter adalah proses psikologis atau mekanisme yang mendefinisikan kebajikan.
Rute mereka dibedakan untuk menampilkan satu atau lain dari kebajikan. Kekuatan
ini yang diakui dan dihargai, meskipun individu tertentu akan jarang
menampilkan semua (Walker & Pitts, 1998). kekuatan karakter adalah bagian
dari ciri-ciri kepribadian yang bernilai moral. Introversi dan extraversion,
misalnya, adalah ciri-ciri tanpa beban moral. Sebaliknya, kebaikan dan kerja
sama tim secara moral dihargai, yang mereka anggap kekuatan karakter.
Implikasinya, oleh karena itu, karakter yang baik adalah:
1. Macam-macam
sifat positif yang ada di perbedaan-perbedaan individu: dalam prinsip kekuatan
yang berbeda bahwa orang memiliki derajat yang bervariasi;
2. ditampilkan
di pikiran, perasaan, dan tindakan;
3. fleksibel
di seluruh jangka hidup;
4. terukur;
dan
5. tunduk
pada berbagai pengaruh oleh faktor kontekstual, proksimal dan distal. Konseptualisasi
karakter yang baik memiliki implikasi penting untuk penilaian. Setelah kami
mengindentifikasi kekuatan karakter dan kebajikan, kami fokus tentang bagaimana
mengukur mereka (Park & Peterson, 2005, 2006a, 2006c; Peterson &
Seligman, 2004).
- Pengembangan dalam Mengukur Kekuatan Karakter
Pendekatan untuk pengukuran penting karena beberapa
alasan. Pertama, kami mendekati karakter yang baik sebagai satu kesatuan
sifat-sifat positif yang tercermin dalam pikiran, perasaan, dan perilaku.
Karakter adalah sifat yang harus diukur dengan cara yang adil (Walker &
Pitts, 1998). Penyampaian multidimensionalitas karakter yang baik, disebut sebagai
komponen kekuatan karakter. Salah satu kebutuhan untuk berhati-hati tentang mencari
indikator tunggal karakter yang baik. Terdapat alasan bagi peneliti untuk
menahan diri dari menilai komponen tunggal karakter yang baik atau harapan, akan
tetapi menyesatkan untuk kemudian mengobati komponen tunggal ini sebagai
seluruh karakter. Individu mungkin sangat baik atau sangat berharap tetapi
tidak memiliki komponen lain dari karakter yang baik. Mereka tentu saja dapat
digambarkan sebagai jenis atau harapan, tetapi hanya seperti itu. Peneliti
tertarik dengan menilai karakter itu dalam jangkauan penuh. karakter yang baik
hanya dapat ditangkap oleh satu set komponen orang yang berbeda-beda.
Kedua, kami mendekati karakter sebagai
perbedaan-perbedaan individu yang ada dalam derajat. Komponen karakter yang
baik harus dinilai dengan cara-cara yang memungkinkan gradasi. Orang sering berbicara
tentang karakter sebagai hadiah vs absen (misalnya, "karakter harus
dikembalikan ke sekolah"), tetapi pernyataan seperti itu retoris dan
bertentangan dengan definisi yang dianggap berkelakuan baik. Sekali lagi,
peneliti perlu berhati-hati tentang mencari indikator tunggal dari karakter
yang baik atau bahkan satu indikator dari komponen karakter yang baik. Beberapa
"indikator" yang penting pada mereka dapat dinilai dengan sederhana
misalnya, pantang seksual atau ketenangan di kalangan remaja. Namun, perilaku
ini harus dianggap hanya sebagai indikasi dari diri mereka sendiri, bukan
tanda-tanda sebagai sempurna kehati-hatian sebagai suatu sifat dan tentu saja
tidak dari karakter yang baik dalam arti luas. Jika ada di luar perilaku
tertentu, para peneliti dapat bertanya tentang berbagai perilaku dan mencari benang
merah. langkah-langkah kami berbeda dari
pekerjaan sebelumnya seperti langkah-langkah dalam mencari perkembangan
internal bahwa mereka mengukur kekuatan secara terpisah dengan sejumlah item
daripada membentuk skor di indikator (Leff ert et al., 1998 ; Scales, Benson,
Leff ert, & Blyth, 2000).
Ketiga, berbeda dengan penelitian kompetensi moral
yang menekankan pemahaman aturan moral, pekerjaan kami berasal dari tradisi
filsafat yang menekankan kebajikan moral, disposisi seperti yang dituturkan
dalam berbagai pikiran, perasaan, dan perilaku. Pendekatan memisahkan pekerjaan
kita dari orang lain yang mendekati kompetensi moral dalam hal penalaran moral
atau nilai-nilai abstrak (misalnya, Schwartz, 1994). Keempat, kami
mengidentifikasi kebajikan inti yang diakui di seluruh budaya dunia dan
sepanjang sejarah (Dahlsgaard, Peterson, & Seligman, 2005; Park, Peterson,
& Seligman, 2006) dan memikirkan cara yang berbeda yang mewujudkan
kebajikan. Kekuatan karakter bisa mengeluarkan budaya terikat, dan dapat
menimbulkan potensi dalam diri.
Terakhir, tindakan kami tidak hanya memungkinkan
perbandingan kekuatan karakter seluruh individu tetapi juga dapat mencetak dan mengidentifikasi
individu terhadap kekuatan lainnya. Membantu orang untuk menggunakan kekuatan
mereka di tempat kerja, cinta, dan bermain dapat memberikan mereka rute ke
kehidupan psikologis yang positif (Seligman, 2002). Proyek penamaan kekuatan
ini untuk seorang individu, dan mendorong penggunaannya layak studi. (Park
& Peterson, 2006a, 2006b; Peterson, Park, & Seligman, 2005; Peterson
& Seligman, 2004). Selain kuesioner laporan diri, kami telah menyusun dan
mengevaluasi beberapa metode berbeda: (A) fokus untuk makna sehari-hari antara kekuatan
karakter dan perbedaan kelompok; (B) wawancara terstruktur untuk
mengidentifikasi apa yang kita sebut kekuatan karakter; (C) laporan informan
(misalnya, oleh orang tua, guru atau teman sebaya) tentang bagaimana sasaran
individu mendapatkan kesempatan (atau tidak) dengan kekuatan yang sesuai
karakter (misalnya, terbuka ketika menghadapi keputusan yang sulit atau harapan
ketika menghadapi kemunduran); (D) studi kasus teladan dijadikan sebagai kekuatan
spesifik; dan (E) prosedur analisis isi untuk menilai kekuatan karakter dari
deskripsi terstruktur diri dan orang lain. Masing-masing metode memungkinkan
untuk studi dari berbagai orang yang usia dan situasi berbeda, yang dilengkapi
keterbatasan metode survei populer.
Misalnya, untuk mempelajari kekuatan karakter
anak-anak berusia 3 sampai 9 tahun, kami menggunakan konten analisis metode
deskripsi orangtua dari anak-anak mereka (Park & Peterson, 2006b).
Langkah-langkah dari kekuatan karakter yang kami kembangkan adalah relatif efisien,
tetapi mereka yang menentukan waktu, dan responden yang lebih muda
kadang-kadang membutuhkan pengawasan untuk mencegah adanya efek perubahan karena
banyaknya perhatian. Namun, siapa pun yang tertarik dalam menilai kekuatan
karakter perlu menghargai bahwa tidak ada jalan pintas untuk mengukur karakter
yang baik. Tidak ada pertanyaan yang menilai kemampuan intelektual dari
peneliti dan peserta penelitian. Penilaian kompetensi moral yang ada sederhana
dan tentunya tidak kalah penting (Park & Peterson, 2005). Proyek VIA
adalah pekerjaan yang sedang berjalan. Perubahan dan pengukuran diharapkan
sebagai data empiris.
VIA- Survey Remaja
VIA-Remaja merupakan survei laporan diri yang
memungkinkan untuk menilai secara komprehensif dari 24 karakter kekuatan di
kalangan usia muda 10-17 tahun. Penilaian terjadi dalam satu sesi rata-rata 45
menit. Saat ini ukuran VIA-Remaja berisi 198 item (7-9 item untuk masing-masing
24 kekuatan). Misalnya, kekuatan karakter ketekunan diukur dengan item seperti
"Ketika saya memulai sebuah proyek, saya selalu menyelesaikannya."
Kebaikan diukur dengan item seperti "Saya sering melakukan hal-hal baik
untuk orang lain tanpa diminta." Responden menggunakan 5-point skala untuk
menunjukkan apakah item adalah 'sangat banyak seperti saya "(5) atau'
'tidak seperti saya sama sekali" (1). skor subskala dibentuk oleh
rata-rata item yang relevan. Survei menghasilkan bukti kuat dari kehandalan
(Alpha dalam semua kasus melebihi 0,70) dan validitas konstruk. kehandalan
tes-tes ulang lebih dari 6 bulan adalah substansial untuk masing-masing 24
kekuatan (korelasi dalam semua kasus melebihi 0,45), menunjukkan stabilitas
baik konsisten dengan pandangan bahwa kekuatan karakter sebagai sifat.
Informasi lebih lanjut tentang survei VIA-Remaja dapat ditemukan secara online
di www.viastrengths.org. Klasifikasi kekuatan terdapat enam hal kebajikan inti yang
didasarkan pada gagasan filosofis priori, bukan harapan yang persis dari sifat-sifat
positif dalam struktur empiris. analisis faktor eksplorasi telah mengungkapkan
solusi empat faktor yang mudah ditafsirkan.
Faktor 1 terdiri dari kekuatan kesederhanaan:
kehati-hatian, pengendalian diri, dan ketekunan, ditambah keaslian. Faktor 2
ditangkap oleh intelektual kekuatan-lebih luas, kekuatan kognitif cinta
belajar, kreativitas, rasa ingin tahu, apresiasi keindahan, keadilan, dan
keterbukaan pikiran. Faktor 3 dapat diberi label kekuatan teologis karena beban
terkuat adalah harapan, spiritualitas, dan kasih (lih Aquinas, 1989); termasuk juga
semangat, rasa syukur, kecerdasan sosial, dan kepemimpinan. Faktor 4 memerlukan
kekuatan lainnya yaitu kesopanan, kebaikan, kerja sama tim, dan keberanian,
yang berarti kita dapat mengidentifikasi faktor ini sebagai salah satu
persekutuan atau kolektivisme. Akhirnya, perlu dicatat bahwa
"keberanian" merupakan item yang menanyakan apakah responden berdiri
untuk orang lain. Struktur VIA-Remaja dengan skala kompatibel dengan Lima skema
besar sifat kepribadian dasar, yang kita harapkan mengingat konsepsi kekuatan
karakter sebagai sifat-sifat positif. Namun, VIA-Remaja bukan hanya cara yang
berbeda untuk memastikan lima skema besar tersebut. VIA-Remaja mencerminkan
sesuatu yang lebih spesifik dari lima skema besar yaitu kekuatan karakter moral.
Misalnya, dalam analisis kami, VIA-Remaja menjelaskan kepuasan hidup di
atas-dan-luar kontribusi lima skema tindakan (Park & Peterson, 2006a). Demikian
kekuatan karakter merupakan konstruksi psikologis khas yang perlu dipelajari oleh
mereka sendiri.
Temuan
empiris
Bukti mengenai korelasi dan hasil positif dari
kekuatan karakter terakumulasi, dan jelas bahwa kekuatan karakter tertentu
terkait dengan kesejahteraan antara anak-anak dan remaja. Secara keseluruhan, remaja
menunjukkan sebagian besar komponen karakter yang baik (Park & Peterson,
2006a). Meskipun persepsi negatif luas misalnya remaja, bahwa mereka belum
dewasa, egosentris, impulsif, tidak bahagia, dan tidak bertanggung jawab pada mayoritas
orang muda telah mengembangkan seperangkat kekuatan karakter. Di antara mereka,
rasa syukur, humor, dan cinta, adalah umum; sedangkan kehati-hatian,
pengampunan, spiritualitas, dan pengendalian diri yang kurang umum, banyak
seperti yang ditemukan di antara orang dewasa. Secara umum, interpersonal,
kekuatan kemanusiaan lebih sering dikembangkan dan ditampilkan daripada
kekuatan kesederhanaan. Menurut Bok (1995), kekuatan hubungan antar manusia
dengan nilai-nilai universal yang diperlukan untuk masyarakat yang layak.
Meskipun ada tingkat konvergensi ketika membandingkan kekuatan relatif di
kalangan remaja dan orang dewasa, ada juga yang memiliki perbedaan-perbedaan
(Park, Peterson, & Seligman, 2004b). Secara khusus, harapan, kerja sama
tim, dan semangat relatif lebih umum di antara remaja daripada orang dewasa,
sedangkan apresiasi keindahan, kejujuran, kepemimpinan, pengampunan dan
keterbukaan pikiran relatif lebih umum di antara orang dewasa daripada remaja.
Ini kekuatan terakhir bisa dibilang memerlukan pematangan yang akan
ditampilkan. Untuk anak-anak yang sangat muda, kekuatan yang paling umum dari
karakter yang cinta, kebaikan, kreativitas, rasa ingin tahu, dan humor (Park
& Peterson, 2006b).
Pendidik dan orang tua sering mencoba untuk menanamkan
kekuatan karakter anak-anak yang nilai orang dewasa. Namun, hal ini juga penting
untuk mengetahui bahwa anak-anak dan remaja secara alami sudah memiliki banyak
komponen karakter yang baik. Jika tidak ada perhatian kepada mereka, anak-anak
bisa kehilangan karakter saat mereka dewasa. Kekuatan karakter cinta, harapan,
dan semangat secara konsisten terkait dengan kepuasan hidup untuk individu di
semua usia (Park, Peterson, & Seligman, 2004a). Di antara remaja, indikator
paling kuat dari kepuasan hidup adalah cinta, rasa syukur, harapan, dan
semangat. Di antara anak-anak antara usia 3 dan 9 tahun, yang dijelaskan oleh
orang tua mereka dengan menunjukkan cinta, semangat, dan harapan juga
digambarkan sebagai kebahagiaan. perbedaan-perbedaan perkembangan yang tersirat
dalam temuan ini. Syukur menunjukkan asosiasi dengan kepuasan hidup hanya
sebagai anak menjadi lebih tua, dan rasa ingin tahu berkaitan dengan kepuasan
hidup hanya di kalangan orang dewasa. Mengingat bahwa rasa ingin tahu adalah
salah satu kekuatan karakter yang paling umum di antara anak-anak, temuan ini
sangat menarik. Sebagian besar anak-anak secara alami ingin tahu, yang berarti
bahwa kekuatan ini tidak terdapat perbedaan antara mereka yang bahagia dan
kurang bahagia. Tetapi hanya mereka dewasa yang masih mampu mempertahankan rasa
ingin tahu. Adalah penting bahwa pendidik, orang tua, dan para pemimpin program
remaja tidak menyurutkan rasa ingin tahu alami antara anak-anak dan memang
membantu mereka untuk menggunakannya secara konstruktif dalam belajar dan
bermain mereka. Selanjutnya, dalam studi yang berkelanjutan dengan siswa
sekolah menengah, kekuatan karakter tertentu seperti cinta, harapan, dan
semangat pada awal tahun ajaran yang terkait dengan peningkatan tingkat
kepuasan hidup pada akhir tahun ajaran (Park & Peterson, 2006a). Namun,
proyek dalam arah yang berlawanan bahwa kepuasan hidup meningkat dengan tingkat
selanjutnya dari kekuatan karakter yang tidak didukung.
Artinya, kekuatan karakter tertentu tidak hanya
terkait dengan menyajikan kebahagiaan tetapi juga menyebabkan kebahagiaan nantinya.
Menimbang bahwa kepuasan hidup sangat penting untuk kesehatan, hubungan yang
baik, sukses, dan kesejahteraan di segala usia (Lyubomirsky, Raja, &
Diener, 2005; Park, 2004b), kekuatan karakter merupakan jalur penting untuk
kehidupan yang baik. Sebuah temuan yang menarik adalah bahwa kekuatan pengaturan
diri orangtua sangat terkait dengan kepuasan hidup anak nya, meskipun tidak
sangat terkait dengan kepuasan orang tua sendiri. Temuan ini menunjukkan bahwa
orang tua mandiri menyediakan lingkungan yang lebih stabil untuk anak-anak mereka,
di mana mereka lebih cenderung untuk menjalani hidup. Temuan ini lebih lanjut
menunjukkan bahwa budidaya kekuatan pengendalian diri adalah penting bagi semua
orang dewasa yang bekerja dengan anak-anak dan remaja. "Popular"
siswa (diidentifikasi oleh penilaian guru) lebih mungkin untuk mencetak tujuan
VIA-Remaja dalam mengukur kekuatan sipil seperti kepemimpinan, keadilan dan kekuatan
kesederhanaan seperti pengendalian diri, kehati-hatian, dan pengampunan.
Menariknya, tidak ada kekuatan kemanusiaan seperti cinta dan kebaikan yang terkait
dengan popularitas, menunjukkan bahwa kekuatan ini dapat digunakan (atau tidak)
dalam berbagai lingkaran sosial, "populer" dan "tidak
populer" (lih Park & Peterson, 2006a ). interaksi teman sebaya dan
hubungan sosial di antara anak-anak dan remaja menjadi lebih penting selama
tahun-tahun sekolah.
Menjaga hubungan baik dan popularitas terkait dengan
perkembangan psikologis yang lebih baik dan penyesuaian di sekolah (Berndt,
& Keefe, 1995; Cillessen, & Rose, 2005; Hartup, 1996). Namun, ditindas,
menjadi tidak populer, dan kesepian memiliki dampak negatif pada perkembangan
emosi dan sosial anak (Bierman, 2004; Hanish & Guerra, 2002). Mungkin kekuatan
karakter siswa dapat menjadi cara untuk mencegah masalah sosial yang mungkin
dan lebih jauh lagi untuk meningkatkan kesempatan bagi anak-anak dalam
membangun hubungan yang sehat dengan konsekuensi positif seumur hidup. kekuatan
karakter juga terkait dengan psikopatologi kurang di kalangan remaja. Kekuatan,
harapan, semangat, dan kepemimpinan yang manjadi substansial terkait dengan
masalah internalisasi lebih sedikit seperti depresi dan gangguan kecemasan,
sedangkan kekuatan dari ketekunan, kejujuran, kehati-hatian, dan cinta yang
substansial terkait dengan masalah eksternalisasi sedikit seperti agresi. Perbedaan
dari kekuatan karakter yang terkait dengan kurangnya masalah internalisasi dan
eksternalisasi. Sekali lagi, membangun dan meningkatkan kekuatan tertentu bisa
menjadi strategi penting untuk memberikan faktor protektif terhadap masalah
remaja umum (Park & Peterson, 2008).
Hubungan antara prestasi dan kekuatan karakter
akademik diperiksa dalam studi longitudinal dengan 250 siswa menggunakan nilai saja
(Park & Peterson, 2007). Setelah mengontrol nilai IQ siswa, ditemukan
bahwa kekuatan karakter seperti ketekunan, keadilan, rasa terima kasih,
kejujuran, harapan, dan perspektif diprediksi di akhir tahun melalui IPK
(Indeks Prestasi Kumulatif). Temuan ini penting karena menunjukkan bukan
kekuatan intelektual yang berpengaruh terhadap karakter prestasi akademik.
Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa
perilaku prososial memprediksi prestasi akademik di dalam dan di luar kemampuan
intelektual individu (Caprara, Barbaranelli, Pastorelli, Bandura, &
Zimbardo, 2000; Wentzel, & Caldwell, 1997). Kami memeriksa hubungan
orangtua dan anak dengan sampel 395 pasang anak-anak dan orang tua atau wali.
Kami menemukan tingkat hubungan antara orang tua dan kekuatan anak-anak mereka,
terutama untuk ibu-anak dan ayah-anak. Tingkat terbesar hubungan anak-orang tua
adalah untuk spiritualitas. Hal ini konsisten dengan pekerjaan lain yang
menunjuk ke keluarga (sebagai lawan rekan-rekan atau sekolah) sebagai arena
utama untuk sosialisasi agama (Peterson & Seligman, 2004).
Namun, sumber hubungan orangtua dan anak ini
misalnya tidak jelas, modeling, orangtua, lingkungan psikososial atau fisik
bersama, kecenderungan biogenetika umum, atau variabel lain. Sebuah studi
memberikan wawasan tentang asal-usul kekuatan karakter (Steger, Hicks, Kashdan,
Krueger, & Bouchard, 2007). Peneliti mencoba untuk meneliti pengaruh
keturunan, lingkungan bersama, dan lingkungan kecil untuk masing-masing 24
kekuatan karakter. Semua kekuatan dipengaruhi oleh faktor keturunan dan
lingkungan “kecil” seperti teman-teman, sekolah, dan masyarakat. Namun, para
peneliti juga menemukan bahwa beberapa kekuatan seperti cinta belajar,
semangat, dan keterbukaan pikiran dipengaruhi oleh lingkungan keluarga bersama.
Temuan ini tidak biasa dalam studi, yang jarang menemukan pengaruh lingkungan
bersama pada variabel psikologis yang berpengaruh pada genetik. Kekuatan cinta,
humor, kesopanan, dan kerja sama tim dipengaruhi oleh lingkungan kecil,
temuannya yaitu pendidik harus menyadari ketika mereka mengembangkan program yang
mungkin akan berhasil. kekuatan ini mungkin target cocok untuk intervensi
berbasis sekolah.
- Implikasi kekuatan Karakter
Temuan ini memiliki implikasi signifikan untuk
pendidik, profesional kesehatan mental, dan pembuat kebijakan yang peduli
tentang pengembangan karakter positif remaja. Pertama, sekolah harus mulai
untuk mengukur aset siswa seperti kekuatan karakter. Langkah-langkah dari
masalah, defisit, dan kelemahan memiliki garis keturunan yang panjang dalam
pendidikan dan kesehatan mental, sedangkan langkah-langkah pembangunan yang
positif seperti kekuatan karakter dan kebajikan yang dikembangkan (Moore,
Lippman, & Brown, 2004). Para peneliti menilai perilaku dan hasil yang diinginkan
masyarakat untuk mencegah kalangan muda dalam hal: kekerasan, penyalahgunaan
zat, putus sekolah, kegagalan akademis, dan depresi. Untuk sebagian besar,
sekolah jarang memantau perkembangan positif dan hasil, meskipun proliferasi
program pendidikan karakter. Jika masyarakat benar-benar menghargai karakter
yang baik di antara siswa, peneliti harus mulai menilai karakter dan
memperhatikan perkembangannya. Masyarakat harus menganggap serius apa yang
peneliti temukan. Penelitian menemukan bahwa semua sekolah di Amerika Serikat
mengukur kemampuan mahasiswa akademik
dan memantau kemajuan belajar. Kami berharap bahwa sekolah suatu hari nanti
akan menilai kekuatan karakter siswa dan merekam mereka pada kartu laporan.
Kedua, pendidik dan pembuat kebijakan berkaitan
dengan mendidik agar siswa bahagia, sehat, dan sukses akan terpenuhi untuk
kekuatan karakter. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kekuatan dari
"hati" yang menghubungkan orang bersama-sama seperti cinta dan syukur
yang jauh lebih kuat terkait dengan kesejahteraan daripada kekuatan dari
kreativitas, berpikir kritis, dan apresiasi estetika (Park, Peterson, &
Seligman, 2004a, 2004b). Pendidikan formal menekankan kekuatan karakter, tetapi
jika salah satu tujuan pendidikan adalah untuk mendorong kehidupan yang baik,
hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan perhatian juga untuk pengembangan
karakter yang seimbang. Penelitian kami juga menunjukkan bahwa prestasi
akademik siswa secara signifikan dipengaruhi oleh seperangkat kekuatan karakter
dan intelektual. kekuatan karakter tertentu tidak hanya akan membuat siswa
lebih bahagia, sehat, dan terhubung lebih sosial tetapi juga membantu mereka
mencapai nilai yang lebih baik. karakter siswa merupakan sebuah kebutuhan.
Ketiga, mengingat pentingnya karakter untuk
kehidupan psikologis yang baik, pertanyaan tentu saja timbul tentang bagaimana
karakter yang baik dapat dipelihara. pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan
sampai saat ini, hanya segelintir kekuatan karakter yang telah dipertimbangkan
secara serius. Tampaknya berbagai pengaruh berkontribusi pada pengembangan
karakter yang baik genetik, keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat. Menurut
Aristoteles, kebajikan merupakan cerminan dari karakter individu, dapat
diajarkan dan diakuisisi oleh mempraktikkannya. Aquinas lebih jauh berpendapat
bahwa kebajikan adalah kebiasaan orang dalam mengembangkan dengan memilih yang
baik dan konsisten bertindak sesuai dengan itu. Ulama menekankan bahwa karakter
harus dikembangkan oleh tindakan dan tidak hanya dengan berpikir atau berbicara
tentang hal itu (misalnya, Maudsley, 1898). Berbagai gagasan tentang karakter yang baik secara konsisten dapat ditanamkan
oleh orangtua yang baik, pendidikan, dan sosialisasi melalui tindakan
kebiasaan. program pengembangan karakter harus mengajarkan kegiatan secara
spesifik dan mendorong remaja untuk tetap menggunakan karakter tersebut yang
terbiasa dalam kehidupan sehari-hari. Juga, pendidikan karakter secara individual
berdasarkan kekuatan karakter masing-masing siswa mungkin lebih efektif dari
program umum untuk semua siswa. meneriakan slogan-slogan, memasang spanduk tidak
akan efektif sebagai menciptakan program individual bagi setiap siswa yang
mendorong dia untuk berperilaku berbeda (Park & Peterson, 2008). Model
peran positif juga penting untuk pembangunan karakter (Bandura, 1977; Radke-
Yarrow, Zahn-Waxler, & Chapman, 1983; Sprafk di, Liebert, & Poulos
1975). orang dewasa yang penting dalam kehidupan remaja 'seperti orang tua,
guru, pemimpin program pengembangan remaja, dan pelatih olahraga mungkin
memainkan peran sebagai mentor karakter. Jika orang dewasa menghargai dan ingin
mengajar anak-anak karakter yang baik, mereka harus mulai menunjukkan melalui
tindakan mereka.
Keempat, pendekatan multidimensional untuk kekuatan
karakter memiliki implikasi praktis bagi guru dan profesional kesehatan mental.
klasifikasi VIA menyediakan kosakata untuk orang-orang untuk berbicara tentang kekuatan
karakter dengan cara yang tepat. Hanya mengatakan bahwa siswa memiliki (atau
tidak memiliki) karakter yang baik tidak mengarah ke mana pun. Sebaliknya,
menggunakan klasifikasi VIA, guru dan profesional kesehatan mental dapat
menggambarkan kekuatan karakter yang menjadi ciri setiap siswa. Seperti
disebutkan sebelumnya, langkah-langkah VIA tidak hanya memungkinkan
perbandingan kekuatan karakter seluruh individu tetapi juga di dalam individu.
Artinya, langkah-langkah VIA dapat menjadi skor untuk mengidentifikasi "
kekuatan " terhadap kekuatan lainnya. Kami percaya bahwa setiap orang
memiliki kekuatan tersebut. pendekatan berbasis kekuatan sangat berguna untuk
siswa dengan riwayat cacat atau prestasi rendah. Ketika kita membandingkan
siswa terhadap norma atau siswa lain,
seperti yang sering kita lakukan, sulit untuk menemukan sesuatu di mana mereka
baik. Namun, jika kita membandingkan 24 kekuatan dalam siswa, kita dapat
mengidentifikasi kekuatan yang lebih kuat dari yang lain. Guru profesional
dapat membantu siswa untuk menggunakan kekuatan ini dalam kehidupan mereka, di
sekolah dan di luar sekolah.
Pendekatan berbasis kekuatan karakter dapat
digunakan dengan siswa di tingkat manapun. Karena kekuatan telah dimiliki maka
lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi siswa untuk bekerja dengan hal itu. Sekali
siswa membangun kepercayaan diri mereka
dengan tetap menggunakan kekuatan karakter mereka, mereka dapat diajarkan
bagaimana menggunakan kekuatan tersebut pada kelemahan. Hal ini membuat
frustrasi dan sulit untuk bekerja hanya pada kelemahan dan masalah dari awal.
Seringkali siswa menyerah awal atau menjadi defensif tentang masalah mereka.
Namun, jika diskusi dan intervensi mulai dengan kekuatan siswa dapat membangun
hubungan dan meningkatkan motivasi. Efek dari pendekatan kekuatan harus lebih
besar dari intervensinya.
Dalam sebuah penelitian dengan orang dewasa,
individu menyelesaikan survei VIA dan megidentifikasi kekuatan karakkter mereka,
yang mereka kemudian diminta untuk menggunakan cara baru (Seligman, Steen,
Park, & Peterson, 2005). Sehubungan dengan kelompok pembanding tanpa instruksi
ini, orang-orang ini menunjukkan peningkatan yang berarti dalam kebahagiaan
serta penurunan depresi pada 6 bulan berikutnya. Tidak mengherankan, perubahan
ini hanya jika peserta penelitian melanjutkan untuk menemukan cara-cara baru
untuk menggunakan kekuatan mereka. Menemukan cara baru untuk menggunakan
kekuatan karena itu penting dalam pertumbuhan pribadi yang sedang berlangsung
dalam melanjutkan hidup. Saat ini sedang berlangsung studi analog dengan remaja.
BAB
III
PENUTUP
Kekuatan karakter adalah kesatuan dari sifat-sifat
positif yang terwujud dalam berbagai pikiran, perasaan, dan tindakan. Mereka
adalah dasar dari perkembangan yang sehat seumur hidup. Mereka sangat penting
untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. Bukti mengumpulkan bahwa kekuatan
karakter memainkan peran penting dalam pengembangan remaja positif, tidak hanya
faktor pelindung secaraluas, mencegah atau mengurangi psikopatologi dan
masalah, tetapi juga kondisi ini dapat dikembangkan dan ditumbuhkan dengan baik.
Anak-anak dan remaja dengan memiliki kekuatan karakter akan lebih bahagia,
lebih baik di sekolah, lebih populer di kalangan rekan-rekan, dan memiliki
lebih sedikit masalah psikologis. Kekuatan ini dapat dipelihara dan diperkuat
oleh pola asuh yang tepat, sekolah, berbagai program pembangunan remaja, dan
masyarakat yang sehat. Studi dari kekuatan karakter melampaui fokus pada
masalah dan ketidakhadiran mereka untuk mencerminkan perkembangan yang sehat.
Proyek VIA mendukung premis psikologi positif yang memperhatikan karakter yang
baik tentang apa yang dilakukan seseorang dengan baik menyoroti apa yang
membuat hidup layak hidup.
Tujuan dari pengembangan remaja positif seharusnya
tidak sekadar bertahan dalam menghadapi kesulitan, tetapi berkembang dan terus
berkembang. masalah terfokus tidak hanya dalam mengurangi dan menyelesaikan masalah.
Tapi, mereka tidak selalu mempersiapkan remaja untuk memiliki kehidupan yang
sehat yang terpenuhi dan produktif. Sebaliknya, kekuatan karakter ini lebih baik,
tidak hanya mencegah atau mengurangi masalah dalam jangka pendek secara spesifik
tetapi juga membangun dalam jangka panjang moral, sehat, dan orang-orang
bahagia yang bisa mengatasi tantangan dalam hidup dan menikmati kehidupannya
dengan baik (Albee, 1996; Cowen, 1994, 1998; Durlak, 1997; Elias, 1995; Lerner
& Benson, 2003). Tidak ada yang akan menjalani hidup tanpa tantangan dan
kemunduran, tetapi untuk tingkat bahwa orang-orang muda memiliki kepuasan hidup
yang lebih tinggi, kekuatan karakter yang lebih besar, dan dukungan sosial yang
lebih baik, mereka akan mengalami masalah psikologis atau fisik lebih sedikit dan
bangun dari kesulitan yang dimiliki(misalnya, Cobb 1976; Peterson, Park, &
Seligman, 2006). Franklin D. Roosevelt berkata, "Kita tidak bisa selalu
membangun masa depan untuk generasi muda kita, tetapi kita dapat membangun
generasi muda kita untuk masa depan." Kita tahu sedikit tentang mekanisme
perkembangan positif dan berkembang (Pittman, 2000), dan bagaimana mereka mungkin
menghalangi gangguan psikologis. Studi masa depan akan terus berlanjut dengan
menggunakan temuan empiris untuk memahami struktur karakter, perkembangannya,
intervensi efektif, dan proses yang kekuatan karakter menimbulkan perilaku
sehat. Karakter adalah kekuatan vital bagi individu dan kesejahteraan sosial.
Kami berharap lebih banyak orang tua, guru, dan pembuat kebijakan akan
mengenali dan merayakan karakter yang baik di kalangan anak muda. Kami bermimpi
hari ketika kita akan melihat stiker menyatakan: "Saya orang tua bangga pada
anak yang Aneh, baik, dan selalu bersyukur. "
DAFTAR PUSTAKA
Aulia,
Farah. 2015. Aplikasi Psikologi Positif dalam Konteks Sekolah. Psychology Forum
UMM.
Huebner,
E Scoot. Furlong, Michael J. Gilman, Rich. 2009. Handbook of positive
psychology
positif
in scholl. Routledge Taylor and Francis Group
GLOSARIUM
Akuisisi :
Perolehan, memperoleh.
Altruisme : Sifat mementingkan kepentingan orang lain
Apresiasi :Suatu
proses melihat, mendengar, menghayati, menilai menjiwai atau menghargai terhadap suatu karya seni
ataupun perbuatan
Asosiasi :Kelompok
sosial yang memiliki tujuan yang telah di tentukan dalam ikatan tersebut
Defisit :Suatu
kekurangan
Depresi :Suatu
keadaan seseorang yang ditandai dengan perasaan yang merosot (seperti: muram,
sedih, perasaan tertekan)
Distal :Faktor
tidak langsung
Eksplisit :Terus
terang, tegas, tidak berbelit-belit
(sehingga orang dapat menangkap maksudnya dengan mudah)
Ekstraversi :Sifat
yang memiliki kepribadian yang terbuka dan senang bergaul, serta memiliki
kepedulian yang tinggi terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka.
Empiris :Berdasarkan
pengalaman (terutama yang diperoleh dari penemuan, percobaan, pengamatan yang
telah dilakukan
Gradasi :
Tingkat dalam peralihan suatu keadaan pada keadaan lain
Integritas :
Mutu, sifat, keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki
potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan
Introversi :
Cenderung pendiam, suka merenung, dan lebih perduli tentang pemikiran mereka
dalam dunia mereka sendiri.
Karakter :
Tabiat, kebiasaan atau sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan
tindakan seorang individu
Kompatibel :
Mampu bergerak dan bekerja dengan keserasian, kesesuaian
Kreativitas : Kemampuan untuk mencipta, daya cipta
Oposisi :
Pertentangan antara dua pernyataan
Patologi :Cabang
kimia tentang aspek kimia dari sifat penyakit khususnya yang menyangkut
perubahan fungsi (faali) dan struktur (morfologi) yang diakibatkan oleh
penyakit itu
Prevalensi :
Hal yang umum: Kelaziman
Proksimal : Faktor langsung
Proliferasi :
Perkembangan/Pertumbuhan
Psikopatologi :
Bagian psikologi yang menjadikan gejala kejiwaan sebagai objeknya
Transedensi :Kekuatan
karakter yang berkaitan dengan kemampuan menjalin hubungan dengan kekuatan
semesta yang lebih besar serta dalam memaknai kehidupan individu tersebut.
Watak :Sifat
batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar